PALTV

News

Uji Coba Cairan Non Kimiawi Padamkan Kebakaran Lahan Gambut

Uji Coba Cairan Non Kimiawi Padamkan Kebakaran Lahan Gambut
November 14
09:49 2015
FacebookTwitterGoogle+Share

Kebakaran hutan dan lahan di Sumsel seakan tidak berkesudahan, dari pantauan satelit BMKG jumlah titik api pada hari ini mencapai 24 titik yang sebagian besar tersebar di Kabupaten OKI.

Tidak mudah untuk memadamkan api di lahan gambut, relawan dari singapura kemarin memberikan bantuan cairan non kimiawi yang ramah lingkungan yang disebut dengan fire terminator sebanyak satu ton untuk diujicoba memadamkan kebakaran di lahan gambut.

Komandan Satgas Operasi Udara Letkol Penerbang Fahlefie menjelaskan, pihak Singapura ingin membantu memadamkan kebakaran di lahan gambut baik melalui operasi darat maupun udara ujicoba dilakukan kamis di Kawasan Pedamaran OKI.

Dari ujicoba ini akan dilihat efektifitas dari bahan cairan bom kimia dari singapura ini namun, untuk water bombing diperkirakan kurang efektif mengingat cairan tersebut tidak dapat masuk dengan baik ke dalam lahan gambut yang terbakar.

Sejauh ini bantuan dari Singapura ini pernah diujicoba di kawasan lahan gambut yang terbakar di Riau dan Jambi. Diharapkan jika efektif permasalahan kebakaran di lahan gambut di Sumsel dapat terselesaikan.

JULIUS LUMBAN GAOL – PAL TV

762 total views, 1 views today

Tags

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

VIDEO