PALTV

News

Sumsel Siapkan PERDA Kebakaran Hutan dan Lahan

Sumsel Siapkan PERDA Kebakaran Hutan dan Lahan
November 11
10:03 2015
FacebookTwitterGoogle+Share

Tahun ini lebih dari satu juta hektar lahan gambut dan hutan di Sumsel terbakar, kondisi kabut asap yang terjadi di Palembang lebih dari 3 bulan ini diperparah dengan musim kemarau yang panjang dan dampak el nino. Untuk itulah tahun depan Sumsel akan menyusun peraturan daerah yang mengatur tentang kebakaran lahan dan hutan.

Perda terkait kebakaran lahan dan hutan di Sumsel ini dibuat sebagai antisipasi terjadinya bencana kabut asap pada tahun depan.

Sekretaris Daerah Sumsel – Mukti Sulaiman mengatakan pihaknya telah mengadakan rapat untuk membahas tindak lanjut penanganan asap dan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.

Dalam Perda ini akan diatur bagaimana cara mengatasi kabut asap atau kebakaran termasuk didalamnya sanksi bagi pelaku perorangan maupun perusahaan yang melakukan pembakaran lahan secara disengaja. Selain itu akan diatur pula hak dan kewajiban dari masing-masing pihak yang mempunyai hak pengelolaan lahan di Sumsel.

Ketua Komisi II DPRD Sumsel – Joncik Muhammad menyambut baik rencana penyusunan Perda kebakaran hutan dan lahan, ia menilai dalam Perda tersebut perlu diatur tentang keberadaan perkebunan dan pembukaan lahan oleh masyarakat termasuk sanksi yang diberikan kepada pelaku pembakar lahan.

JULIUS LUMBAN GAOL – PALTV

943 total views, 2 views today

Tags

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

VIDEO