PALTV

News

Atasi Banjir, Master Plan Drainase Palembang Perlu Diperbarui

Atasi Banjir, Master Plan Drainase Palembang Perlu Diperbarui
November 13
17:37 2018
FacebookTwitterGoogle+Share

Permasalahan banjir di Kota Palembang perlu serius ditanggapi pemerintah Kota Palembang dan segenap pihak.

Pengamat perkotaan – Ari Siswanto menilai  untuk mengatasi banjir  master plan drainase di Kota Palembang perlu diperbarui seiring dengan pesatnya pembangunan di kota ini,  selain itu penambahan rumah pompa dan kolam retensi juga salah satu cara lainnya.

Ketua Prodi Teknik Arsitektur Unsri ini menjelaskan  selama ini master plan drainase sering kali tidak dipatuhi,  terutama oleh pihak kontraktor maupun pihak yang membangun suatu kawasan yang baru berkembang.

Sebagian besar  daerah yang menjadi resapan air seperti rawa  setelah ditimbun tidak lagi memperhatikan sistim drainasenya  akibatnya pada waktu musim penghujan di daerah tersebut menjadi kawasan banjir.

Kota Palembang ini sebenarnya sebagian besar karakteristik tanahnya daerah rawa pasang surut.

Salah satu penyebab banjir ia menilai perbaikkan jalan sering kali dilakukan dengan meninggikan sementara drainasenya tidak diperhatikan,  akibatnya di sekitar jalan tersebut yang dulunya tidak pernah banjir menjadi tergenang.

Salah satu solusi mengatasi banjir yakni dengan menambah kolam retensi di daerah yang sering terjadi banjir sehingga air yang tidak tertampung didrainase dapat dilokalisir ke kolam retensi  selain itu untuk memindahkan genangan air juga diperlukan penambahan rumah pompa.

JULIUS LUMBAN GAOL– PALTV

1,405 total views, 1 views today

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

VIDEO