PALTV

News

Tahun Ini, Sumsel Krisis Guru SMA

Tahun Ini, Sumsel Krisis Guru SMA
March 02
15:29 2018
FacebookTwitterGoogle+Share

Permasalahan krisis guru disejumlah wilayah Sumatera Selatan kian memprihatinkan, pasca moratorium PNS jumlah kekurangan guru khususnya untuk jenjang SD dan SMA semakin meningkat setiap tahun.
Untuk tahun ini saja ada 2.300 guru SMA sederajat yang akan memasuki masa pensiun daerah yang krisis guru yakni kabupaten OKU, OKI, Muara Enim dan Banyuasin di daerah – daerah tersebut bahkan sejumlah sekolah ada yang tidak memiliki guru PNS lagi, biasanya ini terjadi pada sekolah yang baru akhirnya mereka memanfaatkan guru honor untuk membantu mengajar.

Akibat kekurangan guru ini ada sekolah di daerah yang hanya kepala sekolahnya saja yang berstatus Pegawai Negeri Sipil, sementara sisanya adalah guru honor dari data Dinas Kependidikan Sumsel untuk tahun ini saja setidaknya ada 13 ribu guru di Sumsel yang akan memasuki masa pensiun mulai dari jenjang SD hingga SMA sederajat.

Waktu untuk puncak kekurangan guru secara besar – besaran akan terjadi pada bulan Febuari dan November 2018 belum lagi guru yang meninggal dunia, kondisi ini terjadi karena banyak guru yang memang lahir pada bulan Febuari dan November pensiun PNS guru sesuai persyaratan yakni maksimal 60 tahun.

Dengan kondisi ini Dinas Pendidikan sebenarnya sudah mendesak pemerintah pusat untuk menambah guru PNS di daerah selain itu solusi lainnya adalah dengan menambah tunjangan guru PNS yang mau dimutasi dari kota ke daerah.

JULIUS LUMBAN GAOL– PALTV

8,319 total views, 1 views today

Tags

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

VIDEO