PALTV

News

Jokowi Serius Carikan Solusi Rendahnya Harga Karet dan Sawit

Jokowi Serius Carikan Solusi Rendahnya Harga Karet dan Sawit
November 26
16:42 2018
FacebookTwitterGoogle+Share

Masyarakat sumsel yang sebagian besar berprofesi sebagai petani karet dan sawit mengeluhkan rendahnya harga dua komiditi tersebut,  menanggapi hal ini Calon Presiden Joko Widodo mengatakan  harga karet dan sawit ini tergantung dari mekanisme pasar dunia namun  pemerintah akan membeli karet langsung dari petani untuk dijadikan bahan baku aspal.

Menyikapi problem yang dialami pengusaha maupun petani sawit dan karet khususnya di Sumsel  Jokowi memastikan pemerintah tidak tinggal diam,  saat ini pemerintah terus mencarikan solusi agar ekspor CPO dari kelapa sawit maupun harga karet memiliki harga yang sesuai.

Ia menilai  di Sumsel problem harga karet dan CPO sawit jatuh  hal ini masyarakat perlu dijelaskan karena ini komoditas internasional yang sulit didongkrak,  kondisi yang sama juga terjadi di negara Malaysia sebagai negara penghasil karet dan sawit terbesar di dunia.

Dari laporan yang diterimanya  luas lahan sawit dari 13 juta hektare di Indonesia menghasilkan produksi sampai 42 juta ton CPO  jumlahnya sangat besar  ditambah lagi terkena imbas dari kampanye hitam terkait sawit dari negara luar.

Sementara untuk problem harga karet yang anjlok Jokowi menyatakan saat ini sudah sedikit ada jalan keluar  dimana karet milik petani akan dibeli oleh Kementerian PU untuk bahan campuran aspal jalan.

Sebanyak 5 ribu ton karet dari rakyat akan dibeli Rp7.500 hingga Rp8.000 per kilo dan hal ini akan membantu masyarakat.

JULIUS LUMBAN GAOL – PALTV

1,842 total views, 46 views today

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Populer

VIDEO