PALTV

News

5 Alasan Mengapa Anda Menderita Perut Kembung

5 Alasan Mengapa Anda Menderita Perut Kembung
March 19
17:50 2018
FacebookTwitterGoogle+Share

Perut kembung adalah hasil dari kumpulan gas dalam saluran pencernaan yang menyebabkan perut terdorong ke depan. Kondisi ini dapat membuat perut terasa lunak namun menyakitkan. Agan mungkin pernah bercanda bahwa perut agan seperti hamil ketika mengalami kembung.
Berikut adalah 5 penyebab utama perut kembung yang terjadi secara umum

1. Kadar Asam Lambung yang Rendah :
Perut kembung bisa menjadi tanda-tanda bahwa usus mengalami masalah mekanis atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hypochlorhydria, atau kondisi asam lambung yang rendah, mungkin memicu gangguan pencernaan Agan.
Asam lambung rendah (HCL) dapat mematikan aktivitas sfingter, mengurangi motilitas pencernaan dan menyebabkan berbagai efek samping seperti heartburn.
Makan terlalu cepat adalah penyebab lain dari kadar asam lambung rendah dan kembung. Makanan yang dikonsumsi tanpa mengunyah dengan tepat dapat memperburuk proses pencernaan.

2. Menurunnya Fungsi Kandung Empedu
Enzim yang dikeluarkan oleh kandung empedu penting untuk pencernaan lemak yang optimal. Ketika makanan berlemak melewati usus kecil, kandung empedu mengeluarkan empedu untuk mengemulsi lemak makanan dan menciptakan asam lemak untuk mempermudah penyerapan ke dalam tubuh.
Kantong empedu penting untuk mencerna lemak dan vitamin yang memerlukan lemak untuk meningkatkan bioavailabilitas seperti vitamin A, D, E, dan K. Organ ini juga bertanggung jawab untuk metabolisme gula darah dan membantu dalam mengeluarkan racun keluar dari tubuh.
Ketika kantong empedu Agan tidak berfungsi Agan akan mengalami gangguan pada usus termasuk mual, gas dan kembung yang biasanya terjadi ketika makan makanan tinggi lemak.

3. Pertumbuhan Bekteri Berlebihan Pada Usus
Pertumbuhan berlebihan bakteri menguntungkan dan merugikan di usus kecil dapat mengakibatkan kerusakan usus. Gangguan yang dikenal sebagai SIBO (pertumbuhan bakteri usus kecil) dapat mengakibatkan sindrom usus bocor, peradangan sistemik dan kepekaan tinggi atau alergi terhadap makanan.
50% pasien dengan sirosis hati dan penyakit celiac dan 90% dari pasien usia lanjut dengan malabsorpsi laktosa telah terbukti dipengaruhi oleh SIBO. Jika Agan mengalami gejala perut kembung dengan SIBO Agan memiliki risiko untuk masalah kesehatan yang lebih parah.

4. Pertumbuhan Berlebihan Candida
Jika perut kembung Agan terjadi diikuti dengan dengan perubahan suasana hati, gangguan kognitif, mengidam gula, kelelahan atau banyak masalah umum lainnya, kembung Agan mungkin merupakan gejala dari pertubuhan candida berlebih. Candida Albicans adalah jenis ragi yang secara alami menghuni flora usus dengan mikroba lainnya. Sebenarnya candida adalah komponen yang sehat dan dibutuhkan tubuh manusia, faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan jumlah Candida dalam mulut, tenggorokan, saluran usus dan alat kelamin. Ketika Candida berkembang cukup banyak hingga mencapai aliran darah dapat mengeluarkan lebih dari 70 jenis racun ke seluruh tubuh. Akibatnya dapat menyebabkan disfungsi hati, respon imun tinggi, dan mungkin pertumbuhan kanker.

5. Sensitif Terhadap Makanan Tertentu
Perut kembung bisa menjadi salah satu tagan bahwa Agan sensitive terhadap makanan tertentu. Ada sejumlah gejala yang terkait dengan kepekaan terhadap makanan yang unik pada setiap individu.
Makanan pembentuk alergi biasanya adalah susu, gandum, jagung, telur, gluten, kedelai, kerang, dan kacang tanah. Mengingat bahwa 70% dari sistem kekebalan tubuh terganggu dalam saluran pencernaan, mengonsumsi makanan ini dapat menyebakan peradangan di usus dan respon autoimun lain seperti ruam kulit, melemahnya kekebalan tubuh dan penyakit autoimun.

Sumber: kaskus

238 total views, 2 views today

Tags

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Populer

VIDEO