PALTV

News

Harga Ikan Untuk Membuat Pempek Semakin Tinggi

Harga Ikan Untuk Membuat Pempek Semakin Tinggi
February 29
16:19 2016
FacebookTwitterGoogle+Share

Harga ikan tenggiri dan ikan gabus sebagai bahan baku utama pembuatan pempek dan kerupuk kemplang Palembang saat ini mengalami kenaikkan, akibatnya pedagang pempek terpaksa memperkecil ukuran pempek agar tidak berpengaruh terhadap pendapatan mereka.

Pantauan disejumlah pasar tradisional di Kota Palembang harga ikan tenggiri yang menjadi bahan utama pembuatan pempek dan tekwan masih cukup tinggi, yakni 110 ribu perkilo atau naik 10 ribu rupiah dari harga normalnya.

Demikian juga dengan harga ikan gabus dijual pedagang dengan harga 90 ribu perkilogram, sejumlah pedagang ikan mengeluhkan kondisi ini hal tersebut terjadi akibat pengaruh cuaca dan gelombang laut yang tinggi. Dampak nelayan yang kurang banyak melaut membuat stok ikan menjadi berkurang.

Tingginya harga ikan yang menjadi bahan baku Pempek Palembang ini juga diiringi dengan berkurangnya jumlah pembeli.
Kondisi tingginya harga ikan tenggiri dan gabus membuat penjual pempek terpaksa mengecilkan ukuran pempek yang dijualnya. Hal ini dilakukan agar tidak mengurangi keuntungan serta tetap menjaga kualitas pempeknya.

Makanan khas masyarakat Palembang ini tetap dijual dengan harga normal yakni untuk pempek ukuran kecil 2 ribu per buah dan pempek lenjer dengan harga 15 ribu, Heru salah seorang penjual Pempek Palembang mengakui naiknya harga bahan baku pembuat pempek membuat mereka terpaksa harus mengantisipasinya sejauh ini untuk pembeli masih dalam kondisi normal seperti biasa.

JULIUS LUMBAN GAOL – PALTV

4,929 total views, 1 views today

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Popular Posts

VIDEO